Hubungan Pendidikan Kewarganegaraan
terhadap ilmu sosial lainnya
1.
Hubungan
PKn dengan ilmu politik
Pendidikan
kewarganegaraan merupakan praktik dari ilmu kewarganegaraan, sedangkan ilmu
kewarganegaraan adalah bagian dari ilmu politik. Seperti yang dikemukakan oleh
checter van yakni bagian dari ilmu poltik ang membahas tentang hak dan
kewajiban warga negara terdapat di civics/ilmu kewarganegaraan. Jadi dapat
disimpulkan bahwa pendidikan kewarganegaraan mengandung praktik-praktik yang
diturunkan ilmu politik. Sesuai dengan tujuan PKn yaitu menjadikan warganegara
yang baik. Maka kita harus memahami teori tentang demokrasi politik yang
meliputi konstitusi, parpol pemilu dan semuan hal itu merupakan adopsi dari
ilmu politik. Dengan memahami teori ilmu politik maka warga negara mempunyai
pengetahuan tentang kenegaraan melalui praktis dari pendidikan kewarganegaraan
maka warga negara dapat melaksanakan kewajibannya dan mengetahui hak yang harus
diterimanya sebagai warga negaa yang baik.
2.
Pendidikan
kewarganegaraan dengan sosiologi
Sosiologi
merupakan ilmu tentang masyarakat. Yang mana yang dibahas tidak hanya keteraturan
dalam msyarakat tetapi juga penyimpangan sosial. Salah satu penyebab terjadi
penyimpangan sosial yaitu kekurangpahaman masyarakat terhadap hak dan
kewajibannya sebagai warga negara. Contoh kasus keterkaitan sosiologi dengan
pendidikan kewarganegaraan, dalam sebuah desa mempunyai kendala dalam
aksesbilitas. Seperti kurang memadainya jalan raya untuk masyarakat desa untuk
keluar dari desa dalam rangka memenuhi kebutuhan, seperti berjualan,
melanjutkan pendidikan, dan membeli kebutuhan rumah tangga yang tidak
disediakan desa. Namun hal tersebut terkendala sehingga menimbulkan
ketergangguan pola kehidupan masyarakat, terjadinya konflik antar masyarakat
dan meresahkan kondisi desa. Bagi masyarakat yang paham dengan haknya sebagai
warganegara maka mereka akan menuntutnya sesuai prosedur tanpa harus meresahkan
kampungnya sendiri. Kemudan jika mereka memahami tentang kewajiban sebagai
warga negara maka mereka akan berusaha memenuhi kewajibannya seperti pajak
supaya pemerintah dapat membangun sarana umum seperti yang diinginkan dan
mengelola sumberdaya ala dengan baik. Jadi pendidikan kewarganegaraan dapat
menjad solusi permasalahan di masyarakat. Sama-sama mengkaji masyarakat / warga
negara.
3.
Pendidikan
kewarganegaraan dengan ilmu sejarah
Dalam
mempelajari sejarah terdapat latarbelakang mempelajari pendidikan
kewarganegaraan, proses dan alasannya pendidikan kewarganegaraan dipelajari.
Kemudian dengan pada ilmu sejarah dapat diketahui mengapa perlunya pendidikan
yang bertujuan menjadikan warga negara yang baik. Semua itu didasari oleh
sejarah/peristiwa yang terjadi diwaktu yang lalu. Dengan mempelajari sejarah
kita dapat mengetahui kekurangan apa yang akan terdapat pada era dulu dan
diperbaiki pada masa sekarang sehingga terdapat perbaikan-perbaikan dari waktu
ke waktu. Dengan mempelajari sejarah
dapat ditemukan hal positif yang dapat dipertahankan untuk tercapanya tujuan
PKn saat ini atau kedepannya.
Rujukan
Wilfie.2013.hubungan civics dengan ilmu politik. http://wilfie26.blogspot.co.id/2013/12/hubungan-civics-dengan-ilmu-politik-dan.html
diakses september 2015
Riesaan.2012.artikel ips terpadu. http://riesaan.blogspot.co.id/2012/10/artikel-ips-terpadu-pend.html
diakse sepetember 2015
terima kasih fa
BalasHapusyap kk...
HapusSangat membantu, Big thanks yo you..
BalasHapusokay, Alhamdulillah
HapusSangat membantu, Big thanks yo you..
BalasHapusBaccarat | Where to Play and Win - Wolverione
BalasHapusIn this video we'll take a closer look at how to play online 인카지노 baccarat, the game that can In 2021, I joined Bet365, the British online 바카라 사이트 casino that 제왕 카지노