Senin, 21 September 2015

hubungan pendidikan kewarganegaraan dengan ilmu sosial lainnya



Hubungan Pendidikan Kewarganegaraan terhadap ilmu sosial lainnya
1.   Hubungan PKn dengan ilmu politik
Pendidikan kewarganegaraan merupakan praktik dari ilmu kewarganegaraan, sedangkan ilmu kewarganegaraan adalah bagian dari ilmu politik. Seperti yang dikemukakan oleh checter van yakni bagian dari ilmu poltik ang membahas tentang hak dan kewajiban warga negara terdapat di civics/ilmu kewarganegaraan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendidikan kewarganegaraan mengandung praktik-praktik yang diturunkan ilmu politik. Sesuai dengan tujuan PKn yaitu menjadikan warganegara yang baik. Maka kita harus memahami teori tentang demokrasi politik yang meliputi konstitusi, parpol pemilu dan semuan hal itu merupakan adopsi dari ilmu politik. Dengan memahami teori ilmu politik maka warga negara mempunyai pengetahuan tentang kenegaraan melalui praktis dari pendidikan kewarganegaraan maka warga negara dapat melaksanakan kewajibannya dan mengetahui hak yang harus diterimanya sebagai warga negaa yang baik.
2.   Pendidikan kewarganegaraan dengan sosiologi
Sosiologi merupakan ilmu tentang masyarakat. Yang mana yang dibahas tidak hanya keteraturan dalam msyarakat tetapi juga penyimpangan sosial. Salah satu penyebab terjadi penyimpangan sosial yaitu kekurangpahaman masyarakat terhadap hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Contoh kasus keterkaitan sosiologi dengan pendidikan kewarganegaraan, dalam sebuah desa mempunyai kendala dalam aksesbilitas. Seperti kurang memadainya jalan raya untuk masyarakat desa untuk keluar dari desa dalam rangka memenuhi kebutuhan, seperti berjualan, melanjutkan pendidikan, dan membeli kebutuhan rumah tangga yang tidak disediakan desa. Namun hal tersebut terkendala sehingga menimbulkan ketergangguan pola kehidupan masyarakat, terjadinya konflik antar masyarakat dan meresahkan kondisi desa. Bagi masyarakat yang paham dengan haknya sebagai warganegara maka mereka akan menuntutnya sesuai prosedur tanpa harus meresahkan kampungnya sendiri. Kemudan jika mereka memahami tentang kewajiban sebagai warga negara maka mereka akan berusaha memenuhi kewajibannya seperti pajak supaya pemerintah dapat membangun sarana umum seperti yang diinginkan dan mengelola sumberdaya ala dengan baik. Jadi pendidikan kewarganegaraan dapat menjad solusi permasalahan di masyarakat. Sama-sama mengkaji masyarakat / warga negara.
3.   Pendidikan kewarganegaraan dengan ilmu sejarah
Dalam mempelajari sejarah terdapat latarbelakang mempelajari pendidikan kewarganegaraan, proses dan alasannya pendidikan kewarganegaraan dipelajari. Kemudian dengan pada ilmu sejarah dapat diketahui mengapa perlunya pendidikan yang bertujuan menjadikan warga negara yang baik. Semua itu didasari oleh sejarah/peristiwa yang terjadi diwaktu yang lalu. Dengan mempelajari sejarah kita dapat mengetahui kekurangan apa yang akan terdapat pada era dulu dan diperbaiki pada masa sekarang sehingga terdapat perbaikan-perbaikan dari waktu ke waktu.  Dengan mempelajari sejarah dapat ditemukan hal positif yang dapat dipertahankan untuk tercapanya tujuan PKn saat ini atau kedepannya.

Rujukan
Wilfie.2013.hubungan civics dengan ilmu politik. http://wilfie26.blogspot.co.id/2013/12/hubungan-civics-dengan-ilmu-politik-dan.html diakses september 2015
Riesaan.2012.artikel ips terpadu. http://riesaan.blogspot.co.id/2012/10/artikel-ips-terpadu-pend.html diakse sepetember 2015

6 komentar:

  1. Sangat membantu, Big thanks yo you..

    BalasHapus
  2. Sangat membantu, Big thanks yo you..

    BalasHapus
  3. Baccarat | Where to Play and Win - Wolverione
    In this video we'll take a closer look at how to play online 인카지노 baccarat, the game that can In 2021, I joined Bet365, the British online 바카라 사이트 casino that 제왕 카지노

    BalasHapus

puisi tentang sahabat

Kehilangan Buah pena : Dwi Ulfa Febri Wahyu Karena hati tak mengingini Harapan tak mengiringi Nuranipun menjerit pedih Du...